7 Material Countertop Dapur, Bikin Dapur Anda Lebih Cantik!
Administrator
3.Mar.2022

Memilih material untuk meja dapur (countertop) bisa menjadi hal yang sulit. Bagaimana tidak, ada banyak pilihan material countertop untuk dapur, ini termasuk granit, marmer, dan masih banyak lagi. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang semuanya perlu dipertimbangkan saat memilih. Misalnya saja, beberapa material dinilai sangat kuat sementara material yang lain mudah tergores atau rusak. Dan beberapa material memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada yang lain. 

 

Berikut ini beberapa material untuk countertop dapur yang bisa menjadi pilihan. 

 

1. Granit

(Max Vakhtbovych / Pexels)

 

Ya, granit memang sering menjadi pilihan utama saat memiliih material untuk countertop dapur. Hal itu karena, material granit dapat memberikan kesan elegan pada dapur Anda, yang membuatnya terkenal sangat mahal. Sebanding dengan harganya, saat digunakan sebagai material countertop dapur, granit dinilai sangat kuat, tahan panas, tahan lama, memberikan kesan estetik dan elegan, memiliki banyak warna dan tipe, serta mudah untuk dibersihkan. 

 

Namun disisi lain, material ini membutuhkan pelapisan secara berkala untuk melindunginya dari noda. Ini juga bukan material yang ramah DIY (Do It Yourself) ??— harus dipasang oleh profesional.

 

2. Marmer

(Simona Sergi / Unsplash)

 

Jenis batu alam lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk meja dapur Anda adalah marmer, atau marble. Polanya yang unik — tidak ada dua lembar marmer yang sama persis — membuatnya menjadi salah satu jenis batu alam yang paling diminati dan menarik. Marmer juga dikenal sangat kuat dan bisa menghadirkan kesan elegan ke dalam dapur Anda. 

 

Namun seperti kebanyakan batu alam, marmer adalah material yang terkenal mahal. Material ini juga dapat mudah tergores oleh pisau atau peralatan dapur lainnya, dan mudah meninggalkan noda stain, kecuali jika secara teratur dilapisi dengan produk pelapisan berkualitas tinggi. 

 

3. Quartz

(RS Design Management LLC (@rsdesignmanagement))

 

Quartz adalah salah satu material terkenal lainnya untuk meja dapur. Material ini mengandung sekitar 93 persen quartz dan mineral lainnya, dibentuk menjadi lempengan dan direkatkan dengan resin. Ini bukan jenis solid quartz alami. 

 

Diperkenalkan dan dijual oleh beberapa perusahan terkenal (salah satunya DuPont), quartz diciptakan sebagai alternatif granit dan marmer.

 

Meskipun begitu, material quartz tetap memiliki kualitas yang baik, karena tahan lama, tahan terhadap goresan dan stain, tidak perlu pelapisan berkala, dan mudah untuk dirawat. Tetapi, material quartz memiliki bobot yang sangat berat, harus dipasang oleh profesional (tidak ramah DIY), dan memiliki harga yang cukup mahal — setara dengan granit. 

 

4. Solid-Surface

 

(PF Custom Countertops (@pfcustomcountertops))

 

Solid-surface merupakan material buatan yang terdiri dari campuran partikel akrilik dan resin yang dicetak menjadi lembaran-lembaran. Material ini akan membuat countertop dapur Anda terlihat lebih premium. 

 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan material ini, solid-surface dikenal tahan terhadap noda stain, tersedia dalam banyak warna dan pola, dan ketika terjadi kerusakan, itu dapat dengan mudah diperbaiki. Namun sayangnya, solid-surface memiliki harga yang cukup mahal dan tidak terlalu tahan panas. 

 

5. Ceramic Tile

(LL Design Co. / (@ll.design.az))

 

Anda bisa menggunakan ceramic tile untuk material meja dapur. Pasalnya, saat digunakan untuk countertop, ceramic tile sangat mudah dibersihkan, ramah DIY, tahan panas, dan tahan lama, serta harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan material-material lainnya. 

 

Di sisi lain, garis nat pada ceramic tile bisa kotor atau bernoda, yang mungkin akan membuatnya sulit dibersihkan dan tidak memberikan kesan estetik pada dapur Anda. 

 

6. Kayu

(Dewi LSG (@dewi.lsg))

 

Countertop bermaterial kayu bisa menjadi pilihan bagi Anda, terutama jika rumah Anda berkonsep minimalis, scandinavian, atau japandi. Ini akan menghadirkan kesan hangat dan natural pada dapur Anda. 

 

Menggunakan material ini sebagai countertop dapur bisa menjadi pilihan tepat, karena kayu mudah untuk dibersihkan dan sangat tahan lama bila dirawat dengan benar. Namun, material ini terbilang cukup mahal, ??permukaannya mudah tergores yang bisa mengurangi tampilannya, dan mudah rusak oleh air atau stains dari waktu ke waktu. 

 

7. Stainless Steel

(The Masonry Center, Inc.)

 

Untuk tampilan dapur yang benar-benar kontemporer dan industrial untuk countertop dapur Anda, stainless steel adalah pilihan material yang tepat. Meja dapur dengan material stainless steel dinilai lebih tahan panas, tahan lama, tahan kuman, dan mudah dibersihkan. Namun, stainless steel mudah untuk tergores, sangat mahal untuk dibuat, noisy, dan bisa berkarat jika tidak dirawat dengan benar.

 

Sumber : Casa Indonesia


Tags : countertop, dapur, dapur cantik, modern kitchen, stylist kitchen, stainlest steel, ceramic tile, solid-surface
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Musim Virus Corona Kurangi Jalan-jalan, Saatnya Beli Hunian

Jakarta, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk mendorong perekonomian tetap tumbuh di tengah penyebaran virus corona melalui berbagai stimulus.

PT Modernland Realty Tbk. Salurkan Bantuan Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Covid – 19

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu kegiatan yang selalu dilakukan oleh PT Modernland Realty.Tbk.

Material Resources & Cycle

Along with the needs and trends of green building construction concept, the green certification has been made for Indonesia with one of its aspect is material resources and cycle.