WOW! Robot Kecil Ini Bisa Bantu Rawat Pasien Positif COVID-19
Administrator
11.Apr.2020

DI tengah pandemi COVID-19, Thailand membuat invoasi baru membantu para pasien positif COVID-19. Negeri Gajah Putih ini mengerahkan robot kecil untuk merawat pasien positif COVID-19.

 

Robot itu merupakan hasil karya dari mahasiswa Universitas Chulalongkorn, Bangkok. Awalnya robot tersebut hanya dipergunakan untuk pemulihan pasien stroke.

 

 

 

 

 

Ketika pandemi ini kian memprihatikan, robot itu pun dialihfungsikan. Mahasiswa dari Universitas Chulalongkorn memodifikasi robot itu agar bisa bekerja sesuai dengan protokol penanganan COVID-19. Seperti yang dilansir dari mashable, robot yang satu ini bisa mengukur suhu pasien, tanpa harus melibatkan doktor atau perawat yang bisa saja tepapar virus COVID-19.

 

 

Menariknya, robot yang satu ini memiliki sebuah layar yang terletak di badannya. Fungsi dari layar itu, yakni agar dokter memungkinkan untuk berkomunikasi dengan si pasien lewat video. Sementara ini, robot tersebut telah diperkenalkan ke empat rumah sakit di Thailand. Nantinya akan dikirim dalam jumlah lebih banyak ke 10 rumah sakit lainnya di Thailand.

 

 

 

 

 

Pendekatan teknologi lewat robot dalam mengendalikan penyebaran COVID-19 ini pernah dilakukan di Tiongkok dan Spanyol.

 

 

Tiongkok mengembangkan robot untuk membantu para warganya mengantarkan makanan dan mengawasi mal. Sementara Spanyol, mengerahkan drone untuk mengawasi warganya tetap di rumah serta mengimbau langkah physical distancing. - MerahPutih


Tags : robot, robot perawat pasien, robot covid-id, teknologi kesehatan, medis, robot thailand, Universitas Chulalongkorn, Bangkok, robot mahasiswa
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Ingat, Bangunan Sehat Itu Penting Loh

Kesadaran masyarakat terhadap bangunan hijau atau ramah lingkungan mulai mengalami peningkatan. Meski demikian, selain hijau, bangunan juga harusnya menyehatkan para penghuninya.

Mengenal Akrilik, Ini 17 Inspirasi Aplikasinya di Rumah

Kayu, besi, dan kaca adalah material yang lazim digunakan saat merancang interior rumah. Tak hanya ketiga material tersebut, beragam pilihan material lain dapat Anda olah untuk merancang rumah.

Mulberry Residence hunian teduh modern tropical home berkonsep mewah dengan fungsionalitas maksimal

Mulberry Residence hunian teduh modern tropical home berkonsep mewah dengan fungsionalitas maksimal