Enjoy The Beauty of Nature With Family
Administrator
1.Dec.2019

 

 

Salah satu keuntungan hunian ini ialah memiliki pekarangan belakang rumah yang dekat dengan tepi padang golf yang luas, lapang, dan hijau. Merupakan hunian milik keluarga kecil dari pasangan Michel R Anhar dan Fanny Jatmiko yang mempercayakan desain huniannya ini pada desainer senior, Hidajat Endramukti dari Endramukti Design. Terletak di kota sejuk Malang di atas tanah seluas 700 m² dan memiliki luas bangunan 500 m². Aspek yang paling menarik ketika pertama kali memasukinya adalah rancangan terbuka di sekeliling rumah yang begitu nampak maksimal. Lihat saja bukaan menuju taman tengah yang saling sejajar hingga ke taman belakang, sehingga nampak menyatu dengan padang golf yang asri di penghujungnya.

 

 

Hidajat Endramukti berhasil menafsirkan kesan alami yang dikemas ke dalam desain kekinian seperti menggunakan elemen batu, kayu, air, rumput, dan pohon, serta menghadirkan arsitektur bangunan dengan gaya Modern Tropis yang ringkas. Menyusuri area depan pada hunian ini, terlihat komposisi bebatuan alam yang disusun dengan sederhana, berusaha merespon alam yang ada mengelilinginya. Tentunya, Hidajat Endramukti menginginkan kesan mengalah pada alam, menyeimbangkan dengan tampilan dingin pada bangunan Modern yang ada.

 

 

Pada bagian pintu masuk utama, terdapat kolam air dengan pahatan batu solid yang mengeluarkan air sehingga menciptakan aksen dinamis pada pembuka hunian. Ia juga mengupayakan konsep rumah ini agar dapat memperoleh ventilasi silang dengan menyertakan banyak bukaan.

 

 

 

 

 

Ruang berkumpul keluarga menyatu dengan ruang makan dan pantry, ruangan tersebut dibuat menyatu juga dengan teras belakang. Yang membuatnya menarik adalah ruang berkumpul ini menghadap langsung ke hamparan rumput dan kolam renang model infinity, yang terus membawa pandangan mata makin menjauh menuju padang golf yang asri. Pada ruang keluarga, selain digunakan adanya pencahayaan alami, Hidajat menambahkan  penerangan buatan seperti down light LED, indirect lamp, lampu meja, lampu lantai, hingga lampu gantung yang tampil mendominasi dengan desain one-of-a-kind di ruang makan.

 

 

 

 

 

Walau rumah tinggal ini didominasi oleh desain furnitur yang Modern, namun Hidajat berupaya memberi sentuhan klasik dengan aplikasi elemen antik seperti lemari bergaya Kolonial dan beberapa elemen antik lainnya. “Walau memilih gaya Modern sebagai nyawa utama, namun kita perlu mengingat kejayaan desain klasik yang timeless”. ungkapnya. Mengingat riwayat desain Hidajat pada proyek-proyek sebelumnya, Ia dikenal sebagai desainer yang vokal dalam menyuarakan nilai-nilai tradisi dalam konteks interior dan produk.

 

 

 

 

 

Mempermudah visi yang dibawa oleh Endramukti Design, warna putih dan krem yang mendominasi hunian sengaja dipilih sebagai warna utama di keseluruhan rumah baik interior maupun eksterior. Sedangkan untuk aksesori di beberapa bagian dinding, koleksi foto hitam putih yang memberi kesan Modern pada interior rumah dipasangkan.

 

 

Adanya visi ini tentunya membuat furnitur berwarna gelap menjadi lebih menonjol dan terekspos. Hidajat Endramukti sendiri tak pernah luput dalam memperhatikan setiap jengkap detail desain pada hunian. Maka, aksesori tak pernah absen untuk memenuhi hunian menjadi lebih hidup.

 

 

Hidajat Endramukti menginginkan kesan mengalah pada alam, yakni menyeimbangkan antara tampilan dingin pada bangunan Modern dengan adanya bukaan yang merata di sekeliling bangunan serta penggunaan batu-batuan alam.”

 

 

Sumber : Style and Decor


Tags : home and decor, interior design, dekorasi rumah, lingkungan rumah, pekarangan rumah, decoration, living room, home sweet home, family concept. arsitektur, rumah modern
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
3 Perubahan Besar yang Akan Terjadi di Industri Manufaktur pada 2020

Banyak industri manufaktur yang sudah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keuntungan seperti Internet of Things (IoT), 3D printing, 5G, dan Artificial Intelligence (AI)  atau kecerdasan buatan.

Signify Menyinari Qutub Minar untuk Menonjolkan Arsitektural Bangunan

Signify, pemimpin dunia di bidang pencahayaan, mengumumkan bahwa perusahaan telah menyinari Qutub Minar yang ikonis di New Delhi, India menggunakan sistem pencahayaan Color Kinetics EssentialWhite.

10 Meja Dapur Minimalis yang Bisa Jadi Inspirasi

Meja dapur merupakan furnitur pendukung yang biasanya ada di setiap dapur.