Menengok Acara Selasar Arsitektur oleh Mahasiswa Arsitektur Adhisthana Universitas Trisakti
Administrator
8.Aug.2019

Jakarta – 27 Juli 2019- Selasar Arsitektur merupakan sebuah sesi diskursus arsitektur yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Adhisthana - Universitas Trisakti. Dilaksanakan di Auditorium Institut Francais Indonesia Thamrin Jakarta, acara ini berlangsung hari Sabtu dari pukul 13.30 hingga pukul 17.30 WIB. Selasar Arsitektur mencoba mengusung konsep lain dalam sebuah diskursus arsitektur, dengan sesinya yang tidak lebih banyak membicarakan proyek atau bangunan hasil karya sang narasumber, melainkan berfokus kepada materi-materi yang bersifat fundamental berupa pemikiran arsitektur terhadap topik yang sedang hangat dibicarakan. Pada kesempatan di tahun 2019 ini, tema yang akan diangkat adalah ‘Generasi Muda Arsitektur’.

 

 

Tema acara kali ini ditujukan bagi generasi muda yang berkecimpung di bidang arsitektur, tidak hanya tentang menjadi arsitek praktisi namun juga non-praktisi. Maka dari itu pembicara yang dipilih adalah tokoh bidang arsitektur dengan beragam spesialisasi.

 

 

Acara ini dibagi menjadi dua sesi, dimana masing-masing sesi diisi oleh dua pembicara. Pada sesi pertama, disampaikan bidang Pendidikan Arsitektur  oleh Danny Wicaksono. Danny Wicaksono menilai bahwa banyaknya universitas di Indonesia yang membuka jurusan Arsitektur hingga saat ini tidak membuat pendidikan arsitektur di Indonesia lebih baik dari Negara lain diluar sana. Pelajar / mahasiswa lebih tepatnya, cenderung mengutamakan pendidikan untuk sebuah Nilai Mutu Akhir bukan mendapatkan makna dari arsitektur yang sebenarnya. Kemudian, materi dilanjutkan dengan pembahasan dari bidang Keprofesian Arsitek oleh Relan Masato. Sesi kedua dimulai dengan materi dari bidang arsitektur non-praktisi yang disampaikan oleh Imelda Akmal, dan dilanjutkan dengan materi terakhir dari bidang praktisi arsitek oleh Realrich Sjarief.

 

 

Di penghujung acara, antusiasme peserta yang tinggi dalam melakukan tanya jawab kepada seluruh narasumber membuat acara ini semakin interaktif, para narasumber pun dapat menyampaikan pandangannya masing-masing untuk menjawab seluruh pertanyaan peserta acara. Sesi tanya jawab ini dilanjutkan dengan foto bersama yang sekaligus menutup jalannya acara Selasar Arsitektur 2019.


Tags : seminar, event, mahasiswa, arsitektur, acara arsitektur, trisakti, iai jakarta, imelda akmal, realrich sjarief, selasar arsitektur, pendidikan arsitektur
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Cluster Mahakam Tahap 2 Jakarta Garden City Sudah Terjual 70%

Diluncurkan sejak pertengahan tahun 2018 lalu, cluster Mahakam Tahap 2 di Jakarta Garden City saat ini sudah terjual sebanyak 70% dari total 108 unit yang akan dibangun.

Manufacturing homes with BIM + IBS

Changing the construction process one panel at a time

Esensi dari Sebuah Bangunan

Sangat dipahami bahwa rasa tempat adalah nilai penting bagi orang, arsitektur, dan kota. Semua orang mulai dari perancang hingga perencana hingga pemerintah kota berbicara dengan terengah-engah tentang kekuatan tempat untuk menagubah kota menjadi lebih baik.