Material Atap Ringan dan Tahan Lama Paling Diminati
Administrator
28.Feb.2019

Atap menjadi salah satu hal yang penting pada sebuah bangunan. Betapa tidak, peran penutup atap bukan hanya melindungi dari terik panas dan hujan, juga berperan penting mempercantik tampilan bangunan utamanya rumah.

Melihat tren gaya penutup atap yang banyak digunakan sepanjang tahun 2018 ada beberapa yang masih akan tetap diminati di tahun 2019. Salah satunya, rumah beratap miring yang masih akan banyak diaplikasikan di rumah-rumah berkonsep modern minimalis.

Pemilihan atap miring ini diminati karena mempermudah pengaliran air ketika hujan, yang dapat langsung jatuh ke tanah sehingga menghindari kebocoran karena genangan air di atap rumah. Model atap miring sendiri dapat di desain sedemikian rupa, agar unsur seni dari atap rumah miring tersebut tetap terlihat secara maksimal.

Jika gaya penutup atap miring akan tetap tren, sementara penutup atap dengan model datar (flat) akan popular di 2019. Maklum genteng full flat merupakan solusi atap terbaik bagi masyarakat iklim tropis karena lebih kuat, peredam panas, tidak mudah retak maupun bocor. Genteng ini merupakan kombinasi teknologi Jepang dan Eropa yang tentunya unggul kualitas dengan tetap mempertahankan nilai estetika dan keindahan.

Arsitek Pandya Praditya menuturkan, pengaplikasian material dan bentuk atap rumah yang disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia tidak dapat ditentukan secara pasti ketepatannya. “Semua tergantung pada konsep dari masing-masing arsitek dalam menyiasati iklim,” tuturnya.

Menurut Pandya, tinggi ruang bawah atap tergantung pada desainer atau arsitek yang merancangnya. Guna menghilangkan hawa panas yang terjebak dalam loteng, maka dapat dibuat lubang udara pada atas sehingga sirkulasi udara lebih lancar. “Untuk bentuk atap miring relatif lebih mudah membuat lubang udara tersebut. Namun, untuk bentuk atap datar agak sulit karena rawan terjadi kebocoran saat turun hujan. Anda tinggal menyesuaikannya saja,” jelasnya.

PT. Keramindo Megah Pertiwi adalah salah satu produsen genteng keramik terbesar di Indonesia yang menghadirkan genteng full flat merek Kanmuri. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari Lyman Group, perusahaan multinasional yang memiliki jaringan distribusi lokal dan internasional.


Tags : properti rumah, properti bangunan, atap, bahan bangunan, bangunesia, indobuildtech
Recently Submitted Blog Posts



Featured Products
Top News
Cluster Mahakam Tahap 2 Jakarta Garden City Sudah Terjual 70%

Diluncurkan sejak pertengahan tahun 2018 lalu, cluster Mahakam Tahap 2 di Jakarta Garden City saat ini sudah terjual sebanyak 70% dari total 108 unit yang akan dibangun.

Apa Perbedaan Desain Produk dan Industrial Design?

Seringkah Anda mendengar kata industrial design, namun bingung apa bedanya dengan product design / desain produk?

Klaster Jura Metland Menteng Luncurkan Tipe 3 Kamar Tidur

Setelah sukses diluncurkan pada tahun 2018 lalu, klaster Jura di perumahan Metland Menteng, Jakarta Timur, kembali mengembangkan produknya