Furnitur Jadi vs. Furnitur Custom, Apa Perbedaannya?
Administrator
26.Sep.2020

Mencari furnitur untuk rumah merupakan sesuatu yang tidak mudah. Terdapat beragam pilihan furnitur dengan berbagai jenis dan gaya yang dijual jadi di toko, tetapi mencari furnitur yang tepat untuk rumah Anda diantara begitu banyak pilihan tidaklah mudah. 

 

Solusi untuk masalah ini adalah menggunakan furnitur custom yang dapat disesuaikan dengan segala permintaan Anda. Tetapi furnitur yang custom juga memiliki kekurangan. Yuk, simak perbedaan furnitur jadi dan furnitur custom serta kelebihan dan kekurangannya! 

 

Kelebihan Furnitur Jadi :

 

1. Menghemat Budget

Jika membeli furnitur yang sudah jadi, biaya yang harus Anda keluarkan akan lebih sedikit dengan perbedaan angka yang umumnya signifikan. Furnitur custom lebih mahal karena memerlukan jasa desain spesifik serta biaya pembuatan spesial, berbeda dengan furnitur jadi yang dijual hanya dengan harga produk akhir.

 

Furnitur jadi juga biasanya diproduksi secara masal, sehingga harganya akan lebih murah dari produk yang eksklusif. 

 

2. Proses Pembelian yang Instan 

Furnitur jadi memiliki proses pembelian yang sangat cepat karena produk sudah siap. Dengan furnitur jadi, proses yang harus ditunggu hanya pengiriman. Berbeda dengan furnitur custom yang membutuhkan waktu lama.

 

Furnitur Jadi vs. Furnitur Custom, Apa Perbedaannya CASA Indonesia 1

Desainer Interior : Brave New Eco / Foto : Emma Byrnes

 

Furnitur custom harus melalui proses perancangan serta proses pembuatan. Kedua hal tersebut bukan langkah yang singkat, Anda harus menunggu jauh lebih lama untuk furnitur custom

 

3. Langsung Kenali Produk Akhir

Kelebihan utama furnitur jadi adalah sifatnya yang memungkinkan Anda menilai dan menginspeksi produk secara langsung. Dengan begitu, Anda dapat langsung melihat secara jelas furnitur tersebut dan memutuskan jika cocok dengan rumah Anda.

 

 

Furnitur Jadi vs. Furnitur Custom, Apa Perbedaannya CASA Indonesia 2

Arsitek : Techne Architects / Foto : Tom Blachford

 

Furnitur custom lebih rumit karena rancangannya yang spesifik, Anda harus mencari jasa pembuatan furnitur yang terpercaya untuk menghasilkan produk yang bagus. Semakin spesifik desain furnitur custom, semakin sulit pula mewujudkannya. 

 

 

Kelebihan Furnitur Custom :

 

1. Sesuai Selera Anda

Keunggulan furnitur custom yang paling banyak dicari orang adalah karena furnitur akan disesuaikan dengan permintaan klien. Anda tidak perlu mencari barang spesifik di antara furnitur-furnitur di toko karena hal tersebut dapat sangat melelahkan dan sulit.

 

 

Dengan furnitur custom, Anda hanya perlu menjelaskan keinginan kepada desainer dan furnitur dapat dirancang sedekat mungkin dengan deskripsi terunik Anda. 

 

2. Ruangan yang Harmonis

Selain disesuaikan dengan selera Anda, furnitur custom juga dapat disesuaikan dengan ruangannya. Memiliki furnitur yang dirancang khusus untuk ruangan tertentu akan menciptakan interior yang harmonis karena semua bagian ruangan sangat selaras.

 

Furnitur Jadi vs. Furnitur Custom, Apa Perbedaannya CASA Indonesia 3

Produk : RR Atelier / Foto : Eddy Sofyan / dok. CASA Indonesia

 

Furnitur akan terasa menyatu dengan interior ruangan, bukan hanya barang yang diletakkan di ruangan tersebut. Berbeda dengan furnitur jadi. Walaupun sudah dipilih yang serasi, furnitur jadi umumnya tidak dapat menimbulkan efek harmonis yang sama dengan furnitur custom

 

3. Proporsional Terhadap Ruangan

Selain dirancang untuk selaras dengan ruang secara visual, furnitur custom juga sudah pasti tepat secara ukuran. Baik itu ruangan kecil atau besar, furnitur yang custom sudah pasti muat dan terasa proporsional dalam ruangan.

 

Furnitur Jadi vs. Furnitur Custom, Apa Perbedaannya CASA Indonesia 4

Foto & Desainer Interior : Yuni Jie

 

Berbeda dengan furnitur jadi yang umumnya memiliki ukuran standar, jika ruangan atau barang-barang di rumah Anda tidak sepenuhnya cocok dengan ukuran yang standar, maka furnitur yang Anda beli di toko dapat terlihat kurang proporsional dalam ruangan.

 

 

Sumber : Casa Indonesia


Tags : furnitur, perabotan rumah. furnitur jadi, furnitur custom, interior, interior rumah, design
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Rumah Selangorku @ Selangor Cyber Valley

At least that is what architect Hj Abdul Halim Suhor is setting out to prove with this Rumah Selangorku (RSKU) project

FGLA 2019 Merit: The Confluence Club

Conceptualised as a space that caters to a variety of users—from leisure seekers to serious athletes

Top Door & Window Panels at IndoBuildTech Jakarta 2018

Not only people and goods that require access into any spaces in every building, but also air and sunlight are also very important to help in the activity.