Stadion Bersejarah di Rio De Janeiro Dialihfungsikan Menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19
Administrator
15.Apr.2020

 

KISAH STADION MARACANA

Stadion Maracana di Rio de Janiero, Maracana merupakan stadion yang menjadi saksi partai final Piala Dunia 2014 serta panggung upacara pembukaan-penutupan Olimpiade 2016. Federasi sepak bola Brazil saat ini menangguhkan seluruh aktivitas olahraga kulit bundar itu menyusul munculnya kasus COVID-19 di sana. Maracana jadi stadion sepak bola ketiga yang dikonversi menjadi rumah sakit darurat setelah Stadion Pacaembu di Sao Paulo dan Stadion Mane Garrincha di Brasilia. Federasi sepak bola Brazil saat ini menangguhkan seluruh aktivitas olahraga kulit bundar itu menyusul munculnya kasus Covid-19 di sana.

 

 

Pemandangan dari udara memperlihatkan patung Christ the Redeemer dengan latar stadion Maracana di Rio de Janeiro, Brasil, 16 Juli 2016. [REUTERS / Ricardo Moraes]

 

 

Stadion Maracana di Rio de Janiero, akan diubah untuk mengakomodasikan jumlah pasien COVID-19 yang semakin meningkat di Brasil. Stadion berkapasitas 78.000 kursi, rumah bagi pemenang 2019 Copa Libertadores Flamengo, hanyalah salah satu dari beberapa stadion dan pusat konvensi yang akan dikonversi menjadi rumah sakit dan tempat karantina COVID-19.

 

Presiden Brasil Jair Bolsonaro sempat menyebut desakan darurat virus Corona sebagai histeria massal. Stadion ternama Brasil, yang menjadi salah satu venue Olimpiade Rio de Janiero,  diubah menjadi rumah sakit darurat untuk merawat pasien virus Corona atau COVID-19. Di Sao Paulo, kota dengan jumlah kasus dan kematian terbesar yang dikonfirmasi, mengumumkan bahwa 2.000 tempat tidur rumah sakit gabungan akan ditambahkan ke stadion Pacaembu dan pusat konvensi Anhembi selama beberapa minggu ke depan.

 

 

Maracana-stadium-brasil.jpg

 

 

Menteri Kesehatan Brasil, Luiz Henrique Mandetta, sebelumnya memprediksi virus corona Covid-19 akan mencapai puncaknya di negara tersebut antara April dan Juni 2020. Penurunan kasus diyakini mulai September 2020. Mandetta mengingatkan sistem kesehatan di negara berpenduduk 210 juta jiwa itu bisa mengalami krisis pada akhir April 2020.

 

Klub lain telah menawarkan fasilitas mereka untuk mengatasi penyebaran wabah virus Corona, termasuk Corinthians, Santos, Sao Paulo dan Goias, yang mengatakan akan menawarkan stadion Serrinha sebagai pusat vaksinasi. Konfederasi Sepak Bola Brasil menangguhkan semua sepakbola pekan lalu, di tengah pandemi virus Corona. Keputusan itu muncul setelah para pemain Gremio turun ke lapangan mengenakan masker wajah sebagai protes karena harus memainkan pertandingan sementara negara Amerika Selatan itu bertarung dengan COVID-19.

 

 

Rumah sakit darurat di Stadion Maracana, Brasil

 

 

Situasi ini membuat lebih dari setengah klub-klub Serie A di Brasil telah menyerahkan stadion mereka saat pihak berwenang di Sao Paulo dan Rio de Janeiro berusaha memperluas kapasitas rumah sakit untuk menangani krisis karena padatnya penduduk. Pihak berwenang di Sao Paulo, kota terbesar di Brasil, rencananya akan menempatkan 200 tempat tidur di rumah sakit lapangan di stadion kota Pacaembu untuk mengurangi tekanan pada rumah sakit-rumah sakit di kota tersebut yang diprediksi kedatangan banyak pasien positif Covid-19.

 

Sumber : 


Tags :
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
10 Desain Rumah Minimalis di Jepang yang Mudah Ditiru!

Model sederhana dengan tingkat fungsional yang tetap maksimal menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Teknologi Pembuatan Beton yang Ramah Lingkungan

Dalam skala industri, tercatat lebih dari 20 miliar ton beton diproduksi di seluruh dunia setiap tahunnya melalui proses manufaktur dan menyumbangkan 5 hingga 10 persen karbon dioksida ke emisi global.

ARCHITECTURAL PRODUCTS WORKSHOP #JAKARTA by Indonesian Construction and Architecture Network (ICAN)

Acara workshop yang bertemakan Architectural Products Workshop diselenggarakan oleh Indonesian Construction and Architecture Network (ICAN) dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi DKI Jakarta di Hotel All Seasons Thamrin