6 Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Seluruh Dunia
Administrator
10.Apr.2020

 

Beberapa waktu lalu Pemerintah Wuhan, Cina membangun rumah sakit darurat untuk menampung jumlah pasien Coronavirus yang terus meningkat. Rumah sakit darurat tersebut selesai dalam waktu kurang dari 10 hari dan dikerjakan oleh tim yang terdiri dari 7.000 pekerja konstruksi. Dimulai dengan kota Wuhan di Cina, lalu diikuti dengan negara-negara yang terjangkit kasus serupa. Mulai terjadi pembangunan dan renovasi yang cepat untuk menampung peningkatan jumlah pasien yang terinfeksi virus corona. 

Banyak negara yang mengadaptasi struktur yang sudah ada sebelumnya seperti lapangan olahraga, pusat perbelanjaan, sekolah, dan mengalihfungsikan sementara menjadi pusat medis. Perlu diketahui bahwa tujuan utama dari dibangunnya rumah sakit sementara selain membantu mengendalikan wabah Covid-19, juga agar mengelola pasien Covid-19 dengan lebih terpusat, serta menghilangkan jalur penularan virus.

 

Berikut ini adalah beberapa rumah sakit sementara di seluruh dunia yang khusus dibuat untuk menangani pasien Covid-19:

 

1. Shoreline Soccer Field, Washington

 

 image source: www.seattletimes.com

Sebuah lapangan sepak bola di pinggiran Seattle diubah menjadi rumah sakit lapangan sementara untuk pasien Coronavirus dan bagi mereka yang tidak dapat tinggal di rumah mereka sendiri selama wabah. Lapangan sepak bola itu kini dilengkapi dengan 200 tempat tidur. Masyarakat yang bermukim di lingkungan tersebut menyaksikan transformasi bersejarah sebuah lapangan sepak bola menjadi rumah sakit lapangan.

 

2. IFEMA Convention Center, Spain

 

image source: en.as.com

 

IFEMA (Institución Ferial de Madrid) merupakan tempat yang berlokasi di Madrid, Spanyol untuk menyelenggarakan pameran dan konferensi dari seluruh kota yang sekarang berubah menjadi rumah sakit darurat Coronavirus. Ruangan lapang seluas 200.000 m² yang didistribusikan antara dua belas paviliun, pusat konvensi 10.000 m² lengkap dengan area pertemuan dan auditorium 600 kursi, restoran, dan tempat parkir 14.000 ruang kini diperlengkapi dengan 5.500 tempat tidur. 

 

3. Fiera Milano Exhibition Centers, Milan

 

image source: www.wantedinmilan.com

 

Hanya dalam 10 hari sebuah pusat pameran di Milan yang biasanya dijadikan tempat untuk menyambut desainer internasional terkemuka diubah menjadi rumah sakit sementara yang dilengkapi dengan fasilitas perawatan intensif untuk pasien Coronavirus. Seluruh fasilitas perawatan yang dibutuhkan seperti tempat tidur terus bertambah setiap minggunya di dalam arena ini seiring dengan bertambahnya jumlah pasien Coronavirus.

 

4. Berlin Messe Exhibition Grounds, Germany

 

image source: berlin.de

 

Terletak di kawasan Charlottenburg-Wilmersdorf, Messe Berlin merupakan pusat pameran di ibu kota Jerman yang mampu menampung hingga 1000 pasien. Pusat pameran tersebut kini telah diubah menjadi rumah sakit sementara untuk menangani jumlah kasus Coronavirus di Jerman. Rumah sakit sementara ini merupakan langkah terbaru yang diambil oleh para pejabat kesehatan di Jerman untuk meredakan ketegangan pada sistem kesehatan di negara tersebut.

 

5. The Iran Mall, Iran

 

image source: www.presstv.com

 

Pemerintah Iran telah mempersiapkan warganya dengan sebuah rumah sakit sementara yang dibangun di pusat perbelanjaan terbesar di negara itu – Mall Iran. Pusat perbelanjaan yang direnovasi selama enam hari ini dapat menyediakan hingga 3000 tempat tidur untuk pasien Coronavirus dan para perawat.

 

6. Maracana Stadium, Brazil

 

image source: www.washingtonpost.com

 

Stadion sepak bola terkenal di dunia yang menjadi tuan rumah Final Piala Dunia FIFA tahun 2014 akan menjadi rumah sakit sementara untuk membantu memerangi Coronavirus di Brazil. Stadion sepak bola ini memiliki kapasitas 78.000 kursi sedang diubah menjadi rumah sakit lapangan sementara dengan 400 tempat tidur untuk merawat pasien yang terinfeksi coronavirus.

 

Sumber :


Tags :
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Kerja Jadi Nyaman, Ini Kriteria Kursi Kantor yang Baik

Dalam sehari berapa lama Anda habiskan untuk bekerja? Pegawai kantoran pada umumnya menghabiskan waktu hingga 9 jam untuk bekerja.

Harga Urbantown Serpong Dipastikan Terjangkau untuk Masyarakat

Urbantown Serpong sebagai hunian vertikal sangat terjangkau untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Idemu Dari Vivere Hadir Mewujudkan Rumah Sesuai Impianmu

Idemu dari Vivere hadir untuk mewujudkan rumah sesuai dengan impianmu.