Kerja Jadi Nyaman, Ini Kriteria Kursi Kantor yang Baik
Administrator
10.Mar.2020

Dalam sehari berapa lama Anda habiskan untuk bekerja? 

 

Pegawai kantoran pada umumnya menghabiskan waktu hingga 9 jam untuk bekerja. Walaupun diselingi dengan kegiatan seperti istirahat makan siang, meeting, maupun dinas di luar kantor, namun sebagian besar pekerja menyelesaikan pekerjaannya sambil duduk.

 

 

 

 

Dengan intensitas kegiatan duduk seperti ini, tentu Anda ingin memiliki kursi kantor yang bagus dan nyaman agar terhindar dari sakit pinggang serta rasa penat lainnya. 

 

Menjawab kebutuhan ini, beragam produsen meluncurkan furnitur kursi kantor dengan fitur menarik dan tentunya ergonomis. Sebelum tergiur dengan sederetan kursi kantor dengan berbagai komponen canggih tersebut, ada baiknya untuk mempelajari dahulu kriteria ideal dari kursi kantor untuk menemukan yang tepat bagi Anda.

 

Jadi, apa sajakah pertimbangan untuk memilih kursi kantor? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

 

1. Mudah mengatur tinggi dan rendahnya dudukan kursi

Untuk duduk yang nyaman, sebaiknya Anda duduk dengan posisi bagian paha yang sejajar secara horizontal dengan lantai. Maka dari itu, diperlukan tuas di bawah dudukan yang dengan mudah untuk mengatur tinggi rendahnya.

 

 

 

 

2. Sandaran kursi yang fleksibel

Bagian sandaran pada kursi kantor diharapkan mampu untuk mengakomodasi postur tubuh sesuai kebutuhan bekerja. Untuk jenis kursi dengan sandaran yang tersambung dengan dudukan, sandaran perlu dengan mudah untuk digerakkan ke depan maupun belakang. Akan menjadi nilai tambahan yang bagus jika turut disertai pengunci agar sandaran tidak mudah jatuh ke belakang.

 

 

 

 

3. Bentuk sandaran kursi yang lengkung

Dengan bentuk yang lengkung, dapat menjadi tumpuan yang baik pada punggung dan lebih terasa nyaman saat duduk. Punggung bagian bawah punggung perlu ditumpu dengan bentuk lengkung ini agar menjaga badan tetap tegap walaupun telah seharian bekerja.

 

 

 

 

4. Perhatikan dimensi kursi agar duduk leluasa

Kursi kantor harus cukup leluasa untuk mengakomodasi tubuh si penggunanya. Bagi yang memiliki tubuh tinggi, sebaiknya mencari dudukan dengan kedalaman yang lebih lebar dari ukuran standar. Idealnya, pengguna kursi kantor dapat duduk bersandar dengan lutut berjarak antara 5 sampai 10 sentimeter dengan dudukan.

 

 

 

 

5. Gunakan kursi kantor yang memiliki lengan

Dengan adanya fitur lengan kursi, ini membantu mengurangi tumpuan beban badan terhadap leher dan pundak. Tak hanya itu saja, atur tinggi lengan kursi agar dapat meletakkan lengan tangan dengan nyaman tanpa menyebabkan punggung bungkuk.

 

 

 

 

6. Bantalan kursi yang nyaman

Karena digunakan dalam periode waktu yang lama dalam sehari, penting untuk memilih bantalan kursi yang tidak terlalu lembut dan keras. Hal ini disebabkan, Anda tidak dapat duduk dalam waktu lama jika permukaan terlalu keras. Sebaliknya jika bantalan terlalu lembut, maka bagian ini tidak dapat memberikan tumpuan yang mencukup untuk tubuh.

 

 

 

 

 

7. Bisa bergerak luwes

Kemampuan pergerakan dari kursi dapat menaikkan efisiensi ruang gerak bagi penggunanya. Kursi yang dilengkapi dengan roda di kaki membantu mempermudah gerakan kursi. Namun, patut berhati-hati dalam memilih jenis roda ini karena harus disesuaikan dengan jenis lantai pada kantor. - Casa Indonesia

 

 


Tags : kursi kantor, furniture kantor, kursi nyaman, standart kursi, dimensi kursi, kerja nyaman
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Solusi Hijau di Ruang Indoor

Kokedama adalah teknik menanam yang diadaptasi dari Jepang dengan menggunakan media lumut yang dibentuk bulat. Uniknya, tanaman tidak memerlukan pot sehingga begitu praktis.

Idemu Dari Vivere Hadir Mewujudkan Rumah Sesuai Impianmu

Idemu dari Vivere hadir untuk mewujudkan rumah sesuai dengan impianmu.

3 Tips Dekorasi Kamar yang Berbeda dari Biasanya, Andalkan Kepercayaan Diri!

Berbicara tentang dekorasi kamar tidur, ada ratusan ide menarik yang dapat Anda aplikasikan sesuai dengan tema yang disukai.