Ini Kota-Kota Paling Makmur di Indonesia Versi REI
Administrator
20.Sep.2019

Asosiasi Perusahaan Realestat Indonesia ( REI) melansir penelitian tentang Indonesia City Prosperity Index (CPI) 2019, Jumat (13/9). CPI atau Index Kemakmuran Kota, merupakan metode yang dikembangkan oleh UN-Habitat untuk memonitor implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs) dan New Urban Agenda.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mengatakan, peluncuran CPI adalah bentuk komitmen REI dalam berkontribusi bagi pengembangan perkotaan di Indonesia. Ini adalah sumbangsih REI sebagai organisasi yang memiliki keberagaman anggota, mulai dari pengembang rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), pengembang kawasan  kota baru, pengembang hotel hingga pengembangan kawasan pariwisata dan kawasan industri.

“Pengembang memiliki posisi yang strategis dalam membentuk suatu kota dan index ini mengajak para pelaku pembangunan kota untuk bersama – sama menjadikan kota di Indonesia menjadi lebih makmur,” ujar pria yang akrab disapa Eman ini kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/9).

Ia juga menambhakan, dengan adanya CPI dapat menjadikan landasan pijakan kota – kota di Indonesia untuk terus menjadi lebih baik di tahun – tahun mendatang.  “Kami berharap kota – kota di Indonesia hari ini berkompetisi secara positif untuk mencapai level tertinggi, agar bisa setara dengan kota – kota di negara lain,” terang Eman.

Dalam CPI tersebut, terdapat enam indikator yang diukur untuk menentukan kemakmuran suatu kota. Keenam indicator tersebut ialah (1) produktivitas, (2) pembangunan infrastruktur, (3) kesetaraan dan inklusivitas sosial, (4) kualitas hidup, (5) keberlanjutan lingkungan, dan (6) legislasi dan postur kelembagaan kota. Dalam Indonesia CPI 2019 ini, terdapat 21 kota yang diteliti oleh DPP REI.

Berdasarkan hasilnya, Denpasar menempati posisi teratas sebagai kota yang paling makmur di Indonesia. Selanjutnya ada Kota Batam, Balikpapan, dan Tangerang Selatan. Denpasar sebagai kota paling makmur di Indonesia memperoleh skor 60,2% yang artinya masih masuk dalam kategori moderately solid. Yang artinya juga belum ada kota – kota di Indonesia yang masuk pada kategori solid dan very solid.

 

Sumber : Indonesia Housing


Tags : kota makmur, REI, kualitas hidup, layak, hunian nyaman, lingkungan, denpasar, batam, tangerang selatan, balikpapan, moderately solid, solid, very solid, Sustainable Development Goals(SDGs), New Urban Agenda, CPI
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Modena Dengan Teknologi Tungku Kombinasi

MODENA sebagai pelopor piranti memasak premium, di penghujung semester pertama tahun 2019 ini merilis kompor tanam terbaru, Hybrid Hob MODENA Combinato BK 1725

Auto Bikin Betah, Ini 6 Ide Kamar Tidur Lesehan!

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan esensial di dalam rumah

VeNUS Tiles, Hadirkan Design Berbeda untuk Memperindah Rumah Kalian

Siders sedang bingung mencari design seperti apa untuk memperindah rumah?