Penyelenggaraan BIM Conference 2019 : BIM in an Instant, Work Smarter with BIM Collaboration Oleh AppliCAD Indonesia
Administrator
6.Sep.2019

Dalam mendorong perkembangan implementasi teknologi BIM di dunia Arshitektural, Engineering, dan Konstruksi modern. PT. Indonesia AppliCAD selaku pihak penyelenggara acara BIM Conference 2019 dan pemegang lisensi ArchiCAD di Indonesia menyelenggarakan seminar dan diskusi panel para ahli di bidang BIM dengan mengusung tema : Work Smarter with BIM Collaboration.

 

 

Hadir sebagai keynote speaker mewakili Kepala Badan Litbang PUPR, Adji Krisbandono (Kasubid Kajian Kebijakan, Puslitbang KPT), dan Kharis Alfi (Ketua Institut BIM Indonesia, BIM Manager PT Waskita Karya). Pada sesi selanjutnya, hadir pula beberapa praktisi BIM, seperti Ahmad Shiddiq (Founder & BIM Profesional dari SKALA Akademi dan Attaya Arsitek), Realrich SJarief (Founder & Principal Raw Architecture), Fahmi Abdulaziz (BIM Engineer, PT. Waskita KArya, Tbk), Arddhanu Zunanto Hadhi (BIM Coordinator Wika Gedung), dan Amy Rachmadhani Widyastuti (PDW Architects). Mereka menyampaikan bahwa penggunaan BIM di Indonesia sudah tertinggal dari negara-negara tetangga (Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand). Meskipun demikian, dengan adanya dukungan kebijakan dari Kementerian PUPR dalam bentuk regulasi BIM, rencana dibentuknya Komite BIM di tingkat nasional oleh Bappenas, dan lain-lain, diharapkan dapat meningkatkan antusiasme para profesional di bidang arsitektur, engineering, dan konstruksi (AEC) untuk memulai menggunakan dan menerapkan teknologi BIM pada setiap proyeknya.

 

 

BIM telah mendapatkan popularitasnya dengan dukungan hadirnya trend teknologi-teknologi terkini, diantaranya yaitu konsep simulasi 4D, 5D hingga 7D; Internet of Things(IoT); 3D Laser Scans & Drones; 3D Printing; Mobile Cloud Applications; Mix Reality;Open BIM Collaboration, dan lain-lain. Teknologi tersebut dapat membantu para arsitek dan kontraktor dalam mengoptimalkan rancangan desain dan eksplorasi kreatifitas yang lebih luas lagi. Selain itu, dengan kemampuan platform data (IFC & BCF) yang dimilikinya, juga dapat memudahkan proses komunikasi antara arsitek dan kontraktor dalam meminimalisir adanya misinformasi, miskomunikasi, yang berakibat pada kesalahan/kegagalan konstruksi.

 

 

Dengan keahlian dari arsitek tersebut dalam melakukan desain suatu gedung dengan didukung teknologi modern makan karya arsitektural dan kontruksi Indonesia dapat bersaing dengan Negara maju lainnya.

 


Tags : BIM, Applicad, seminar, conference, architect, technology, architecture 4.0
Recently Submitted Blog Posts
Must Read
Terbaru! 10 Kamar Mandi Modern yang Bisa Anda Tiru

Desain kamar mandi apa yang menarik? Pembuatan kamar mandi membutuhkan biaya yang paling mahal, karena menggunakan keramik dinding yang melebihi 1 meter agar tidak terkena air.

The Art of Living

Budi Lim Architects has recently completed an opulent modernist house in Jakarta. The house draws its luxury from its grandeur, the owner’s amazing art collection, and its thoughtfully health-conscious design.

8 Karya Frank Lloyd Wright Jadi UNESCO World Heritage

Siapa yang tak kenal dengan Frank Lloyd Wright, arsitek terkenal yang mempunyai nama kondang ini telah lama berkiprah di dunia.